Tips Liburan Musim Dingin Ala Jejak Katumbiri

January 30, 2017

Terinspirasi dari postingan Kak Marischka Prudence di blognya, jadi pengen ikut-ikutan nulis tips untuk liburan musim dingin pengalaman kami. Bukan hanya untuk berlibur sih, tapi lebih ke strategi bertahan hidup, jika kita karena satu dan lain hal tiba-tiba terdampar di negara bermusim dingin *who knows where life might bring us to?" :)

Long John
Long john atau yang disebut lapisan dalam ini wajib. Bisa memakai long john yang dijual di toko-toko atau mall yang menjual perlengkapan musim dingin (seperti di Pasaraya Grande Blok M) atau andalan saya, sama dengan andalannya Kak Marischka Pru, yaitu memakai heattech dari Uniqlo. Heattech adalah teknologi untuk tekstil yang mana semakin kita bergerak, gesekan antara kulit dengan material heattech akan membuat badan semakin hangat. Heattech dari Uniqlo ini tidak hanya tersedia dalam bentuk celana legging dan atasan pas badan, tapi tersedia juga sarung tangan dan syalnya. Koleksi heattech Uniqlo tersedia untuk laki-laki dan perempuan dewasa, anak-anak, dan bayi. Kehangatan heattech Uniqlo sudah kami buktikan sendiri selama tiga kali musim dingin di Jerman.

Celana Kedap Air
Celana anti air, wajib dipakai jika kita ingin main ski. Kalo cuma wisata kota sih, cukup pakai celana jeans/rok biasa dengan dalaman long john/heattech. Bahkan pada suhu 10 derajat pun, biasanya keluarga Saya tetap memakai celana legging heattech sebagai daleman jeans. Maklum, kami asli manusia tropis yang gampang masuk angin..hehe..

Jaket atau Mantel
Untuk suhu antara 2-15 derajat Celcius, rekomendasi Saya yaitu mantel model duffle atau duffle coat, yang merupakan favorit sebagian besar orang yang saya lihat di jalanan sini terutama anak mudanya. Jika suhu 8 derajat ke atas, bisa memakai duffle coat tanpa atasan heattech/long john. Jika suhu dibawah 3 derajat agar lebih hangat, bisa memakai duffle coat berbahan wol, dipakai dengan atasan heattech/long john plus sweater/pullover. Kekurangan duffle coat, bahannya tidak kedap air. Bisa bertahan sebentar di bawah hujan atau hujan salju, tapi tidak bisa terlalu lama.

Sedangkan untuk suhu dibawah 0 derajat Celcius, sebaiknya menggunakan jaket yang lebih tebal berisi bulu angsa, yang anti-air sekaligus tahan angin (wind-breaker jacket). Walaupun sebagian besar jaket model ini membuat kita terlihat lebih gendut, tapi percayalah, lebih baik terlihat lebih gendut daripada sakit di tengah acara jalan-jalan gara-gara kedinginan. Ada juga jaket jenis parka, yang tak kalah populer dari duffle coat. Pengalaman mencari jaket musim dingin di Indonesia, yang modelnya keren dan bahannya bagus harganya mahal T_T.

Selain di mall yang harganya super mahal, baju-baju musim dingin dengan harga lebih terjangkau bisa ditemukan di Factory Outlet (FO) di Bandung dan Bogor. Saya melihat banyak juga yang menjual jaket dan perlengkapan musim dingin online di Indonesia. Tapi saya tidak merekomendasikan ini, daripada sudah keluar uang ternyata barangnya tidak tahan dingin. Pilihan lainnya yang lebih ekonomis tapi berkualitas bisa membeli jaket bekas di Gede Bage :D. Bahkan di Jerman sini, kami terbiasa membeli jaket musim dingin bekas di flea market alias pasar loak. Orang sini kebanyakan cepat bosan dengan model jaket/mantel, bisa setiap tahun ganti dan yang lama biasanya dilempar ke flea market. Jadi kita bisa menemukan jaket musim dingin berkualitas dengan harga super miring di sana. Jaket musim dingin andalan saya misalnya, dibeli di Flohmarkt Münster seharga 10 Euro saja :D. Merk jaket yang sangat populer di sini salah satunya yaitu Jack Wolfskin, yang memroduksi jaket dan perlengkapan outdoor. Karena kualitasnya yang OK, harganya pun mahal. Produk Jack Wolfskin yang populer adalah model 3-in-1, jaket dobel dan bagian dalamnya berbahan fleece yang bisa dilepas. Untuk musim panas, cukup memakai bagian luar yang anti air tanpa lapisan fleece. Untuk musim dingin, dipakai dua-duanya. Sebaiknya memilih jaket atau mantel satu ukuran lebih besar dari ukuran kita, agar tidak kesempitan ketika memakai baju berlapis-lapis.

Duffle coat bisa dipakai di suhu -4, tapi pake long john dan 2 lapis baju tambahan
Topi atau Kupluk
Ini juga wajib ya. Bahkan setelah memakai jilbab beserta dalemannya, Saya tetap membutuhkan kupluk. Anginnya cyiin..bikin mabok masuk angin kalo ga pake. Ada banyak model kupluk yang keren dan hangat dijual oleh berbagai brand peralatan outdoor seperti Jack Wolfskin, dan sebagainya. Demi tetap fit selama liburan musim dingin, ga perlu takut keliatan cupu :D. Seandainya bisa merajut, kita bisa membuat sendiri kupluk, syal, kaos kaki, bahkan sweater dari benang wol (wolnya yang asli tapi ya..jangan sintetis). Banyak orang Jerman baik yang tua, muda, anak-anak, yang memakai kupluk, syal, sarung tangan rajutan dari bahan wol. Ah..semoga taun ini kesampean untuk belajar merajut :).

Syal
Ini juga banyak macamnya, tersedia di mana-mana dengan harga yang beragam. Untuk menghemat pengeluaran, kita juga bisa menggunakan pashmina sebagai syal. Selain untuk melindungi leher, syal juga bisa digunakan untuk menutupi hidung dan mulut dari angin. Jika ingin terlihat lebih stylish, tutorial cara memakai syal banyak terdapat di youtube. Kalo saya sih ga pernah liat tutorial, mana sempaat -_-.

Kaos kaki
Untuk musim dingin, sebaiknya menggunakan kaos kaki berbahan wol. Sebelum membeli, teliti dahulu komposisi bahannya. Biasanya sebagian besar kaos kaki berbahan polyester. Ada yang wol campur polyester, atau wol murni. Material berbahan wol murni tentu saja harganya lebih mahal, terutama wol merino. Kaos kaki termasuk salah satu hadiah natal paling populer di Jerman. Siapa coba yang ga butuh kaos kaki? Setiap tahun pasti ada aja pasangan kaos kaki yang hilang *kalo saya mah* :D

Sepatu
Jika hendak berlibur musim dingin, sebaiknya membawa sepatu dengan sol karet yang tidak licin untuk dipakai berjalan di atas es atau salju. Percayalah, salju itu memang indah dilihat, tapi bisa sangat berbahaya kalo sepatu kita tidak sesuai. *meringis ingat pengalaman jatuh kepleset es*. Sepatu winter yang bagus biasanya tahan air (kulit asli) dan memiliki sol karet yang kuat (sol gore-tex misalnya). Sepatu produk Timberland adalah favorit sebagian besar orang di negara empat musim Eropa. Kalo lagi musim diskon, harganya bisa super miring. Walaupun modelnya tampak macho, para wanita pun banyak yang menggemarinya. Banyak juga merk sepatu boots winter yang keren terutama buat kaum perempuan. Asal jangan lupa memastikan solnya yak..jangan hanya modelnya saja yang dilihat ;). Membeli sepatu di pasar loak juga bisa dijadikan salah satu pilihan yang lebih aman di dompet dan ramah lingkungan, model dan kualitasnya pun tidak kalah dengan beli baru.

Sarung tangan
Sarung tangan dalam bahasa inggris ada gloves dan mitten yang sebenarnya mempunyai bentuk yang berbeda. Gloves adalah sarung tangan yang menutup jari satu persatu, tersedia berbagai jenis, bahan, dan modelnya. Sementara mitten tidak menutup jari satu-persatu, tapi menutup tangan keseluruhan (silakan digoogling lebih lanjut untuk melihat gambar dan perbedaannya). Jika kita akan sering menggunakan jari untuk memotret atau menyentuh HP, bisa memilih model sarung tangan gabungan antara gloves dan mitten, yang bagian jarinya bisa dibuka-tutup (dalam bahasa Jerman disebut Fäustlinge). Lebih praktis tanpa perlu membuka sarung tangan keseluruhan. Jika hendak bermain ski, pilih sarung tangan anti air. Kalo cuma untuk wisata kota sih, tidak perlu yang anti air. *yang anti-air lebih mahal harganya*. Biasanya, saya memakai sarung tangan pada suhu 2 derajat ke bawah. Seringnya untuk menghangatkan tangan, orang-orang memasukkan tangan ke saku jaket atau mantel.

Kecukupan nutrisi dan air
Untuk kita yang lahir dan besar di negara tropis, suhu musim dingin bisa sangat mengagetkan. Jangan sampe malah sakit ketika liburan. Persiapan fisik juga diperlukan jika hendak berlibur menikmati musim dingin. Sebelum keberangkatan, usahakan istirahat cukup dan selalu memakan makanan bergizi. Selama di perjalanan, perbanyak asupan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan sayur-sayuran, serta jangan lupa minum banyak air putih. Dinginnya udara biasanya membuat kita malas minum. Tapi—tetaplah minum minimal 8 gelas air putih setiap hari.

Suplemen dan vitamin tambahan
Jika pergi berlibur ke negara-negara yang musim dinginnya ekstrim seperti ke Iceland, Norway, Finlandia, Canada, dan lain-lain, mengkonsumsi suplemen vitamin C bisa sangat membantu menjaga kebugaran tubuh. Asupan makanan lain seperti sayuran, buah-buahan, dan air putih tidak boleh dilupakan meskipun sudah mengkonsumsi suplemen. Selama musim dingin di Jerman, kami tidak pernah mengkonsumsi minyak ikan karena musim dinginnya tidak ekstrem. Rata-rata suhu harian antara 4 derajat hingga -5 , sesekali hingga -8.

Payung
Payung seringkali dibutuhkan jika winternya berupa winter yang basah dan banyak hujan. Payung yang dibutuhkan adalah payung kuat yang tahan angin, karena angin winter seringkali sangat kencang dan payung-payung yang tidak kuat bisa langsung terbalik atau terbang terbawa angin -_-. Payung yang kuat juga bisa digunakan ketika salju turun.

Mengecek Ramalan Cuaca dan Suhu Harian
Jangan lupa untuk selalu mengecek prakiraan cuaca setiap harinya. Seringkali di tengah-tengah winter pun, suhu naik turun tak terduga. Misalnya, di akhir bulan Desember tahun 2015, suhu tiba-tiba naik ke 15 derajat :D. Jaket bulu angsa super tebal tentu tidak dibutuhkan pada suhu 15 derajat. Di bulan Oktober yang seharusnya masih musim gugur dan hangat, suhu bisa tiba-tiba drop hingga minus. Musim dingin tahun ini misalnya, lebih dingin dari dua musim dingin sebelumnya. Namun tetap saja seringkali ada anomali suhu. Satu minggu suhu konstan di sekitar -4, lalu minggu berikutnya tiba-tiba naik jadi sekitar 5 derajat. Daripada salah kostum, lebih baik kita selalu memantau ramalan cuaca harian.

Antisipasi winter depression syndrome
Hari yang sangat pendek yang menyebabkan gelap lebih lama serta cuaca yang "abu-abu" suram, menyebabkan kasus depresi dan bunuh diri seringkali meningkat tajam di musim dingin. Tanda yang paling minimal adalah males ngapa-ngapain dan pengennya gogoleran sambil selimutan di tempat tidur seharian 😁. Akibat terburuk dari depresi ini adalah bunuh diri. Seriusan. Salah satu teman saya dari Afrika, memutuskan untuk mengakhiri hidupnya di hari musim dingin Januari 2015 😢. Sementara Januari tahun ini, seorang mahasiswa Indonesia di kota lain di Jerman pun mengakhiri hidupnya. Hiks. Jadi..jangan remehkan si winter depression syndrome ini loh. Untuk melawannya, justru disarankan agar kita pergi keluar berjalan-jalan, bertemu orang, mengobrol, tetap aktif dan melakukan hal-hal yang biasa dilakukan. Jika merasa bosan dan stress menghadapi beratnya perkuliahan, berbagi bebanlah dengan orang lain. Meminum minyak ikan yang mengandung omega 3 juga bisa sangat membantu.

Dengan tips-tips tersebut, semoga kita tetap sehat selama (liburan) musim dingin yaa.. 😊

You Might Also Like

4 comments

  1. duh pengeeen banget bisa ngerasain salju, tapi takut kedinginan, hihi.. ngincer kanada euy xD makasih info nya ya teh ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau juga ke Kanada, perdana menterinya baik hati lagi yaa..😍. Tapi disana lebih2 dinginnya daripada di Jerman kayaknya ❄⛄

      Delete