Pesan Konservasi dalam Balutan Hahahihi

January 07, 2017

Maksud dari judul yang saya berikan adalah terkait dengan ekowisata. Secara sederhana saya mendefinisikan ekowisata sebagai kegiatan wisata yang sesungguhnya membawa misi kampanye konservasi, mensosialisasikan pesan konservasi dengan cara-cara yang menyenangkan. Cara ini sesungguhnya diharapkan efektif dalam membangun kepedulian individu-individu akan terjaganya kelestarian kekayaan alam dan kekayaan hayati yang mendukung, karena kekayaan alam itu dapat secara langsung dinikmati, bukan sekedar teori yang mungkin saja sulit dimengerti orang awam yang tidak memiliki ketertarikan dalam hal konservasi. Betapa sulitnya mengajak orang-orang apatis itu untuk mencintai alam, mendukung konservasi, menjaga kekayaan hayati dengan bicara tentang perubahan iklim dan pemanasan global. 

Kenapa melalui wisata? Karena wisata memberikan pengalaman, nostalgia, memori yang indah. Segala sesuatu yang indah dan menyenangkan itu, secara teori tentu saja memberikan perasaan positif dan membentuk persepsi positif akan suatu hal, suatu objek, salah satunya tentu saja lokasi wisata atau apapun yang kita temukan di lokasi wisata itu. Secara umum hal itu adalah hal-hal yang saya pelajari selama pengerjaan tugas akhir saya yang berkaitan dengan pemasaran konservasi. Dan tentu saja, ekowisata memberikan kenangan positif dan membentuk persepsi positif pada saya pada suatu lokasi yang pernah saya kunjungi. Saya selalu sedih jika kembali ke suatu lokasi yang sudah tidak sama seperti dulu, biasanya mengalami penurunan kualitas atas nama ekonomi atau pembangunan.


Bicara tentang ekonomi, pelajaran dan mata kuliah yang sering kali memberikan pengalaman nilai buruk kepada saya ini dan kaitannya dengan konservasi. Saya berharap bahwa ekowisata adalah salah satu cara efektif untuk melindungi lingkungan dari gempuran perilaku destruktif terhadap lingkungan atas nama peningkatan ekonomi dan pembangunan. Ekowisata seharusnya mampu membuat kita menjaga alam tetap lestari karena kelestarian alam memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan merusaknya dan mengekstraksinya. 

Jika hari ini, besok, esoknya lagi, saya dan kawan-kawan saya, kami mampu mengajak orang lain untuk melakukan ekowisata ke suatu tempat. Kami sungguh berharap bahwa selama dalam perjalanan, selama di lokasi wisata, dan selama mengingat momen-momen indah itu, mereka tidak hanya sekedar ingat akan tawa hahahihi tapi juga pesan-pesan konservasi yang berusaha kami sampaikan, baik secara implisit maupun eksplisit. Ekowisata tidak sekedar wisata alam melainkan sebuah pesan konservasi dalam balutan hahahihi, yang tentu saja membekas, dirindukan, dan ingin diulang kembali. Di tempat yang sama yang terjaga kelestarianya. 



You Might Also Like

0 comments