Mengintip The Lodge Maribaya, Wisata Alam Instagramable di Bandung

November 09, 2016

Bandung, tempat yang tak pernah berhenti menyajikan wisata yang membuat penasaran banyak pengunjung. Kali ini saya akan mengulas sedikit The Lodge Maribaya, salah satu wisata alam yang saat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam dan luar Bandung.

Terletak di Jl. Maribaya Timur km 6, Kampung Kosambi-Cibodas Lembang, akses untuk mencapai The Lodge Maribaya dapat dikatakan cukup mudah untuk kategori tempat wisata yang lokasinya di pelosok. Cukup ikuti jalur masuk Maribaya yang terhubung dengan Tahura, The Lodge berlokasi kurang lebih 5 km setelah Maribaya Hot Spring & Resort.

Walaupun di beberapa tempat, jalannya berbatu dan berlubang, namun sepertinya tidak menjadi penghalang bari para wisatawan untuk mengunjungi The Lodge ini. Semakin mendekati lokasi, jalanan semakin kecil. Sempat terpikir apakah google maps salah memberikan petunjuk jalan, karena seperti mengarah ke pemukiman khas perdesaan. Tetapi kemudian pikiran itu langsung hilang ketika melihat papan petunjuk yang cukup besar.

Saya mengunjungi The Lodge pada hari Sabtu menjelang siang, pemilihan hari dan waktu yang salah sebenernya karena weekend di Kawasan Bandung Utara identik dengan macet panjang sehingga butuh kesabaran ekstra untuk membuat kita tetap happy. Benar saja, sekitar 200 meter menuju area parkir The Lodge, sudah terlihat antrian panjang mobil. Karena parkir yang penuh, pengunjung yang akan masuk ke area parkir harus menunggu mobil pengunjung lain keluar dari lokasi parkir. Mirip-mirip dengan sistem buka tutup Puncak pas weekend kali ya.

Setelah menunggu sekitar 15 menit, akhirnya mobil rombongan saya dipersilahkan masuk oleh Mamang Parkirnya. Sebelum membeli tiket, mbak-mbak penjaga tiketnya sudah memberikan info penuhnya The Lodge saat itu dan kita harus mengantri cukup lama jika akan memilih wahana foto. Ada tiga pilihan wahana foto yang berbayar: sky tree, mountain swing, dan zip bike. Masing-masing harganya di bawah tiga puluh ribu rupiah. Selebihnya para pengunjung boleh berfoto gratis di berbagai spot yang menyajikan pemandangan tak kalah indahnya. Hijaunya jejeran pepohonan yang didominasi oleh pohon pinus dan kebun khas kawasan pegunungan terbentang di depan mata. Cukup menyegarkan terutama bagi yang kesehariannya lebih sering bercengkrama di dalam ruangan kerja dan kurang piknik.

Wahana Mountain Swing, Zip Bike dan Sky Tree. Credit to Akun IG @putiuphu dan @fatimah_imo
Ketika saya berkunjung, semua wahana foto sudah penuh dengan antrian yang tak kalah panjangnya dengan antrian mobil. Kami mengurungkan niat untuk berfoto kekinian untuk di-upload di sosmed karena cuaca yang sudah mendung dan kepalang jiper melihat antrian yang panjang. Jadi kami hanya berkeliling menikmati pemandangan alam dan orang.

Jangan khawatir untuk kelaparan, karena terdapat dua tempat makan bernama Dapur Hawu dan Pines Kafe yang menawarkan makanan khas sunda, bakso, lotek hingga makanan internasional. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau dikantong. Namun jika kondisi pengunjung berjubel, kita harus mengantri juga. Untuk Pinus Kafe, sebelum memesan dan mengecek buku menu, pastikan kita bertanya pada penjaga kafe-nya apakah makanan masih ada atau sudah sold out. Kemarin karena perut kita sudah kelaparan, kita sibuk mengecek menu dan menuliskan pesanan. Ketika akan memesan, penjaganya menginfokan bahwa makanan berat sudah habis dan yang tersisa hanya snack ringan dan minuman.

Bagi yang suka tidur di alam alias camping. The Lodge Maribaya juga menyediakan tempat menginap dalam bentuk camping site berwarna orange yang unik lho.

Nah, para pengguna sosmed yang hoby foto dengan pemandangan alam, The Lodge Maribaya ini saya rekomendasikan untuk menjadi salah satu pilihan berburu foto pemandangan alam. Untuk menghindari kemacetan dan antrian yang panjang pada wahana foto, lebih baik memilih waktu kunjungan selain weekend, atau kalaupun weekend, saya sarankan dari pagi sekali sudah stand by di depan tempat pembelian tiket yang sudah buka mulai jam 8.30 pagi.

You Might Also Like

4 comments

  1. Itu mountain swing sama zip bike kayaknya seru banget ya Mba :D

    Salam kenal, btw! :)

    ReplyDelete
  2. Hai, Salam Kenal!

    Terima kasih sudah mampir ya.. :)

    - MarQ -

    ReplyDelete
  3. Juli 2015 aku ke sana, baru beberapa minggu setelah buka. Masih sepiiiii banget dan bingung mau ngapain selain foto-foto, nggak nyangka sekarang jadi seru gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke sana lagi atuh, Teh.. :D

      #sapasayanyuruhnyuruh :)))

      Delete