Menginap di Kampoong Homestay Malang

April 13, 2016

Bersama Mbak Yhosie di depan rumah Kampoong Homestay Malang
Penginapan murah di Malang, salah satu kota tujuan wisata di Jawa Timur, selalu dicari orang termasuk kami. Kami mencari dia dua situs pencarian hotel dan penginapan tipe bed and breakfast: AirBnB dan Booking.com.

Homestay di Malang juga telah menjadi salah satu pilihan menginap murah dan nyaman bagi pelancong. Setelah mempertimbangkan harga, lokasi, dan fasilitas yang ditawarkan, kami memutuskan memilih Kampoong Homestay Malang melalui situs AirBnB. Saya juga membaca ulasan yang sangat baik dari para tamu, baik tamu domestik maupun dari luar negeri yang pernah menginap di sana. Highlight-nya tentu harga dan lokasi, sangat ramah untuk family budget traveler seperti kami.

Di situs AirBnB, pemilik dan pengelola Kampoong Homestay Malang, Mbak Yhosie, menyewakan tiga kamar: Kampoong Homestay 1, Kampoong Homestay 2, dan Kampoong Homestay 3. Kampoong Homestay 1 dan dua tarifnya 10 Euro per malam, sedangkan Kampoong Homestay 3 seharga 12 Euro per malam. Kami memilih Kampoong Homestay 3 karena dua kamar lain tidak bisa kami booking.

Kamar yang kami pilih jika dilihat dari foto, bentuknya semacam paviliun di bagian belakang rumah. Ketika melakukan proses booking, saya mengirimkan pesan untuk mengabarkan bahwa kami menginap dengan membawa anak 3 tahun. Mbak Yhosie merespon cepat dengan mengatakan, bahwa tidak masalah dengan tambahan satu anak balita.    

Alamat Kampoong Homestay Malang yaitu di Kasin, Bareng Kartini Gang 1 No. 273, Klojen, Malang. Kami naik taksi dari stasiun dan membayar Rp. 30.000. Lokasi Kampoong Homestay tidak jauh dari pusat Kota Malang, terletak di kawasan perumahan penduduk Bareng Kartini. Berjalan kaki dari Kampoong Homestay menuju Jalan Kawi atau ke alun-alun Kota Malang hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Selain dengan berjalan kaki, transportasi dari dan menuju ke sana sebaiknya menggunakan taksi. Naik becak bisa juga, tapi pas turunan/tanjakan tajam kita harus turun, kasihan bapak yang narik keberatan :D.

Ketika kami sampai, Mbak Yhosie menyambut di depan rumah dan segera menunjukkan detail-detail terkait kamar, kamar mandi, tempat wisata Malang, dan lain-lain. Kami pun disambut dengan teh manis hangat yang rasanya pas banget setelah naik kereta hampir seharian dari Bojonegoro menuju malang (transit Surabaya). Mbak Yhosie juga bisa memberikan informasi untuk paket tour di Malang, paket tour Bromo, penyewaan motor, dan lain-lain.

Kamar kami bersih, nyaman dan artistik dengan berbagai dekorasi khas Indonesia. Tidak ada AC tapi terdapat kipas angin besar di sudut kamar (untuk kota yang sejuk seperti Malang, kipas angin sudah cukup). Kamar mandi terletak di luar kamar kami, tepat di samping kanan. Di kamar mandi sebelah kamar kami tidak ada air panas, tapi jika kita ingin mandi air panas, bisa menggunakan kamar mandi di bagian depan rumah. Di depan kamar terdapat teras lengkap dengan kursi untuk duduk-duduk santai sambil menikmati tanaman dan bunga di halaman.

Best part of the visit-nya tepat seperti review yang ditulis para tamu sebelumnya, sarapan yang disajikan oleh Mbak Yhosie dan Ibunya. Kami mencoba dua set menu sarapan dari Kampoong Homestay. Yang pertama adalah nasi soto ayam komplit plus tempe goreng yang renyah dan kerupuk, dan yang kedua adalah nasi gudek komplit (dengan sambal, krecek, kerupuk, dan lain-lain). Rasa makanan yang disajikan beneran enak dengan porsi yang cukup untuk dua orang dewasa dan satu balita.

Karena merasa cukup betah di sana, kami memutuskan untuk memperpanjang waktu menginap kami satu malam. Kami membayar langsung Rp 150.000 kepada mbak Yhosie  untuk perpanjangan satu malam.

Jika anda mencari tempat menginap murah tapi homey dengan cita rasa lokal, saya sangat merekomendasikan Kampoong Homestay Malang. Kampoong Homestay Malang cocok untuk tempat menginap pelancong single, pasangan, atau keluarga yang ingin melakukan perjalanan hemat. Menginap di homestay juga sebagai bentuk nyata kontribusi untuk pemberdayaan ekonomi lokal.

Selain melalui situs AirBnB, bisa juga mengontak langsung Mbak Yhosie lewat blog Kampoong Homestay atau akun Instagram @kampoong_homestaymalang.

You Might Also Like

2 comments

  1. mas, saya sudah booking nih di kampong homestay. kalau untuk kendaraan rental mobil di malang ada rekomendasi kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Tia,

      Untuk info rental mobil/motor bisa tanya ke mbak Yosie, yang mengelola Kampoong Homestay. Mbak Yosie bisa memberikan banyak info dan membantu booking mobil/motor/trip ke Bromo atau telp taksi

      Delete